.
.

THIS SITE IS DELETED

.
.

Friday, January 23, 2015

Mangut Beong, Kuliner Khas Ikan Sungai Progo

Pernah mendengar nama ikan beong? Atau bahkan mencoba merasakan racikan masakan ikan beong? Bagi anda pecinta kuliner ikan air tawar, saatnya untuk mencoba citarasa masakan ikan yang berbeda, yakni mangut beong khas Kabupaten Magelang.. SELENGKAPNYA TENTANG MAGELANG, KLIK DISINI
Sukseskan Program Ayo ke Magelang 2015

Ayo ke Magelang 2015

Mangut Beong, Kuliner Khas Ikan Sungai Progo


Oleh : Via InoaGroup.com

Mangut ikan beong sekilas memang seperti mangut ikan pada umumnya. Namun, lihatlah porsi potongan ikan yang disajikan. Dari bagian kepala ikan saja sudah bisa dibayangkan jika ikan beong berukuran cukup besar. Lalu bagaimana dengan rasanya?.

pasang iklan disini, GRATIS

Pedas, itulah kesan dari mayoritas pengunjung di warung mangut beong ‘Sehati’ yang terletak di jalan Pangeran Diponegoro Km 3 Kembang Limus, Borobudur, Kabupaten Magelang. Olahan ikan beong di warung ini memang sengaja dibuat untuk lidah berselera pedas.
Ikan beong sendiri merupakan jenis ikan air tawar yang konon habitatnya hanya ada di Sungai Progo. Bentuk ikan ini mirip dengan ikan lele dengan ukuran yang lebih besar. Daging ikan ini juga lebih tebal, bertekstur lembut dan kenyal. Sebagian besar penikmat beong bahkan mengaku daging ikan ini tidak terlalu amis jika dibandingkan dengan ikan pada umumnya.

Menurut pemilik warung, Murniyati, masakan mangut beong ini telah ia sajikan di warungnya sejak 15 tahun terakhir. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan 50-80 kilogram ikan beong untuk diolah. “Setiap hari selalu habis, apalagi jika masa liburan,” katanya.
Mangut beong sendiri sebenarnya diramu dengan menggunakan bumbu yang sederhana. Diantaranya bawang merah, cabai, santan, daun sereh, jahe, lengkuas, dan kencur.
Seporsi menu mangut beong dipatok dengan harga Rp12.000. Sementara khusus untuk menu ndas atau kepala ikan beong dipatok Rp25.000 sampai Rp40.000 sesuai besar kecilnya ukuran.

Profil Usaha di Magelang yang sudah diterbitkan :
pasang iklan disini, GRATIS

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

Label 2

SELECT LANGUAGE :